Dapatkan penawaran menarik sekarang →

Data Center Adalah: Definisi, Jenis, Fungsi, dan Manfaatnya

Tag

Share With Friend

Dalam hal mengumpulkan data untuk perusahaan atau organisasi. Sebuah perusahaan akan membuat sebuah tempat yang memberikan keleluasaan untuk menyimpan dan mengolah data. Tempat inilah yang seringkali kita sebut dengan data center atau pusat data. Pusat data berguna untuk menjadi penyimpanan utama data-data digital suatu perusahaan dan organisasi.

Sehingga Anda dapat menyimpulkan bahwa data center adalah sebuah tempat penyimpan data. Namun Apakah hanya sebatas itu saja? Tentu saja tidak. Ada banyak peran dan kegunaan dari data center yang berguna bagi perusahaan dalam mengelola setiap data masuk dan keluar.

Sebuah data center sering kita jumpai dalam bentuk ruangan yang besar dan menyimpan beberapa file dokumen yang tersimpan secara digital.

Sebuah data center umumnya dapat menyimpan berbagai macam file dan dokumen dalam ukuran yang sangat besar tergantung besarnya keperluan perusahaan dalam menggunakan dokumen digital.

Karena banyaknya hal yang perlu Anda ketahui tentang data center bagi perusahaan dalam artikel ini, mari kita menelusuri lebih lanjut tentang apa itu sebenarnya data center dan bagaimana kegunaannya dan signifikansinya bagi perusahaan terutama dalam hal digital.

Pengertian Data Center

Anda pasti merasa asing saat mendengar istilah data center. Apa itu data center? Dan apa sebenarnya yang dilakukan data center bagi perusahaan? Pengertiannya secara umum adalah sebuah ruangan yang berguna bagi tempat komputer yang menyimpan data secara keseluruhan.

Data-data ini tersimpan secara digital dalam berbagai format yang komputer dapat menyimpannya.

Sehingga, seluruh data yang masuk ke perusahaan secara final akan tersimpan dalam komputer data center. Pusat data lebih terlihat seperti sebuah ruangan penuh komputer ketimbang sebagai komputer itu sendiri.

Data center menghimpun banyak elemen dari berbagai jenis seperti saklar, router, server, perangkat keamanan dan harddisk berukuran besar dengan daya tampung yang besar pula.

Secara spesifik, data center adalah media komputer yang berguna untuk menyimpan seluruh data-data milik perusahaan atau organisasi dengan beberapa spesifikasi tertentu.

Setiap bentuk data akan tersimpan dalam data center sesuai dengan kategori penyimpanan. Itulah mengapa pusat data terdiri atas lebih dari satu media penyimpanan digital.

Fungsi Data Center

Dari jenisnya, ada berbagai fungsi data center yang bermanfaat. Kembali pada fungsi utamanya, juga berguna untuk menyimpan data dalam jumlah banyak.

Namun ada beberapa fungsi tambahan yang berfungsi untuk mendukung data center baik dalam penyimpanan maupun pengelolaan data. Berikut adalah fungsi dari pusat data.

1. Menyimpan dan Mengelola Data

Fungsi utamanya adalah menyimpan dan mengelola sebuah data. Sehingga sebuah data akan tersimpan dengan baik dan akan lebih mudah untuk berkembang atau ekspansi data.

Data center juga memiliki berbagai fitur yang membantu akses data dan melakukan pemindaian jenis data untuk menggolongkan data dengan lebih efektif.

2. Meningkatkan Keamanan Data

Dengan berada pada satu tempat penyimpanan, sebuah data akan jauh lebih aman baik saat mengakses maupun saat mengembangkan data.

Sehingga akan memberikan proteksi selama 24 jam dan akan memberikan beberapa bantuan deteksi keamanan dari virus ataupun malware.

3. Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Dengan fitur ekspansi data, data center mampu membuat perusahaan lebih efektif dan memberikan informasi lebih mutakhir terkait suatu data yang penting bagi perusahaan. 

Jenis Data Center

Dari komponennya, ada beberapa jenis data center yang bergantung pada berbagai macam komponen. Anda memerlukan sebuah jenis yang komponennya sesuai dengan keperluan dan preferensi Anda supaya proses pengelolaan dan penyimpanan data perusahaan Anda lebih efektif dan mudah. Berikut adalah ketiga jenis yang umum pengaplikasiannya.

1. Jenis Enterprise

Jenis data center ini memiliki desain dan rancangan yang memang khusus untuk menyimpan data-data perusahaan.

Jenis yang satu ini memiliki kelebihan dalam mengembangkan dan mengekspansi data-data yang merupakan data perusahaan sehingga perusahaan akan selalu ter-update sesuai dengan perkembangan data.

2. Jenis Colocation

Beralih ke jenis data center yang menawarkan adanya perluasan ruang pada media penyimpanan yang sesuai dengan keperluan dari perusahaan.

Contohnya seperti bandwidth dan berbagai aspek-aspek yang dapat memperluas daya tampung dengan cara berbayar.

Sehingga kekurangan dari jenis data center ini adalah Anda harus menyiapkan budget yang sesuai dengan keperluan perluasan ruang.

3. Jenis Hyperscale

Untuk jenis data center ini, lebih memberikan kemudahan dalam meningkatkan skala dan range dengan meningatkan daya pada sistem. Sehingga Hyperscale Data Centers adalah jenis yang paling tinggi dan kompleks pengaplikasiannya.

Beberapa perusahaan multinasional seperti Apple, Meta, dan Tesla, Google, dan Amazon menggunakan jenis ini.

Komponen Data Center

Nah dari pengertian data center itulah, Anda mengerti bahwa ada banyak komponen yang membangun suatu pusat data.

Setiap komponen berkesinambungan membentuk sebuah jaringan yang mampu mengelola dan melindungi data serta menyelesaikan dan mengamalisa masalah yang terjadi pada penyimpanan data.

Berikut adalah komponen-komponen yang menyusun sebuah data center beserta fungsinya masing-masing.

1. Media Penyimpanan

Komponen data center paling penting adalah media penyimpanan yang berguna menjadi tempat penyimpanan seluruh data.

Media penyimpanan dapat menggunakan dua macam seperti HDD atau (Hard-Disk Drive) dan SSD (Solid-State Drive).

Meskipun berbeda, sebenarnya dua jenis ini dapat menampung seluruh jenis data sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Selain berbentuk perangkat keras, ada juga media penyimpanan lainnya yang berbentuk software. Seperti data cloud, NAS (Network-Attached Storage) atau penyimpanan berbasis jaringan internet, dan juga jenis lainnya.

Sesuai dengan fungsinya yang utama, media penyimpanan berungsi untuk menyimpan dan mengelola data yang ada dalam perusahaan dengan berbagai bentuk dan berbagai jenis.

Umumnya sebuah media penyimpanan untuk perusahaan bisa mencapai satuan ukuran terabyte.

2. Power Capacity

Komponen lainnya yang tidak kalah penting adalah daya atau power capacity pada komputer yang menjadi media penyimpanan dan pengelolaan data pada data center.

Perlu Anda ingat bahwa sebuah data center beroperasi selama 24 jam. Sehingga perlu adanya komponen daya yang sangat besar.

Umumnya komponen power capacity akan terus terpenuhi oleh aliran listrik yang tak ada hentinya. Aliran listrik ini akan mengalir ke seluruh komponen lainnya tak terkecuali komponen penyimpanan. Sehingga perlu alat seperti Uninterrupible Power Supply atau UPS.

3. Sistem Keamanan dan Cooling System

Karena sebuah data center bergerak terus menerus dengan daya yang sangat besar. Perlu untuk menambahkan komponen cooling system sebagai pendingin komputer.

Cooling system ini dapat berupa CVC atau chilled water system yang memerlukan air dingin untuk mendinginkan mesin komputer.

Manfaat Data Center

Ada berbagai macam manfaat yang perusahaan dari sebuah data center. Berikut adalah manfaat dari pusat data.

1. Hemat Waktu dan Biaya

Sebuah perusahaan akan menghemat biaya lebih banyak dan akan menghemat waktu pengarsipan dan penyimpanan data juga. Sehingga, dapat membuat sebuah perusahaan mampu mengelola data secara daring.

2. Perangkat Lebih Aman

Perangkat yang menjadi media penyimpanan akan lebih aman dan terawat meskipun tetap beroperasi selama 24 jam. Dengan adanya kemampuan untuk mendeteksi jenis data yang berbahaya dan mengandung virus, serta mampu mensortir data sesuai dengan kepentingan perusahaan.

3. Perusahaan Lebih Mengetahui Perkembangan Klien

Dengan perkembangan yang tidak pernah berhenti, perusahaan akan lebih cepat dalam mengetahui perkembangan klien melalui data-data terkait.

Setiap data termasuk data milik klien juga tersimpan dengan rapi dalam data center. Sehingga perusahaan dapat mencari data klien apabila diperlukan.

Penutup

Demikian penjelasan artikel ini terkait data center. Perlu Anda ketahui bahwa data center berguna bagi sebuah perusahaan dalam memberikan layanan penyimpanan data secara terpusat dan menyeluruh.

Data center menjadi bentuk inovasi dalam penyimpanan data yang aman dan efektif bagi perusahaan dan organisasi.

Audithink adalah aplikasi audit untuk membantu tim internal perusahaan Anda dalam manajemen audit dan risiko yang ada.

Kami menyediakan berbagai macam fitur yang membantu proses audit semakin cepat dan efektif. Hubungi kontak Audithink untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai penawaran kami.

Artikel Terkait Lainnya

Server adalah
Cloud Computing adalah
On-premise adalah