Dapatkan penawaran menarik sekarang →

Server: Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Manfaat

Server adalah

Tag

Share With Friend

Apakah anda pernah menggunakan komputer? Anda pasti pernah melihat jenis layanan yang beroperasi pad sebuah sistem komputer yang contohnya berbasis pada negara atau region tertentu. Jenis layanan ini adalah server.

Server adalah layanan khusus berupa penyimpanan data. Server adalah sebuah jaringan komputer yang memiliki ukuran penyimpanan yang sangat besar.

Secara sekilas, server memiliki berbagai macam perangkat seperti prosesor dan RAM yang berbeda dengan komputer biasa, memiliki kapasitas yang lebih besar. Server adalah hal yang sangat berperan dalam pengoperasian sistem komputer yang memerlukan jumlah penyimpanan yang besar dan performa yang tinggi.

Menggunakan server adalah sangat penting bagi penyediaan akses layanan yang lebih cepat untuk mengirim dan menerima data maupun informasi pada server yang mampu diakses. Server dapat beroperasi selama ada perangkat keras sebagai pengantaranya.

Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut mengenai server. Mulai dari pengertian server, 7 jenis server, fungsi, hingga cara kerjanya. Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Server

Lalu apa itu server? Apakah Anda sudah memahami mengenai server? Secara umum, server adalah sebuah kumpulan dari jaringan layanan komputer yang terhimpun dalam satu perangkat keras seperti komputer atau laptop. Setiap server adalah penyimpan data yang berupa informasi dari berbagai macam jenis dokumen yang kompleks.

Layanan ini bertujuan untuk memberikan banyak kemudahan dan memang hampir semuanya bertujuan untuk memudahkan klien atau pengguna. Untuk memungkinkan layanan akses lebih cepat untuk mengirim atau menerima data dan informasi yang tersedia pada server, server dibentuk secara fisik sebagai jaringan komputer dan terdiri dari sejumlah komponen pendukung prosesor dan RAM.

Server sangat berguna dalam penggunaan layanan komputer yang berkelompok dan memerlukan penggolongan lebih lanjut. Server adalah perangkat yang cukup efektif untuk menggolongkan pengguna baik dan umumnya berdasarkan lokasi.

Contoh dari server tersebut adalah server berdasarkan lokasi. Misalkan jika pengguna bermain sebuah game online, dan lokasi pengguna terhubung dengan perangkat, maka ia akan terhubung dengan server yang sesuai dengan lokasi pengguna.

Fungsi Server

Sehingga dari jenis server, Anda dapat menyimpulkan bahwa fungsi server secara general adalah untuk mewadahi dan memberikan layanan akses bagi pengguna dan komputer yang menjadi alat utama. Berikut adalah fungsi server secara umum.

1. Menampung Pengguna Kedalam Satu Tempat Sesuai Preferensi

Fungsi server adalah sebagai tempat untuk menampung pengguna dalam satu tempat yang sesuai dengan preferensi mereka. sebagai contoh, pada Web server, pengguna akan menjumpai fitur cookies. Fitur inilah yang nantinya memberikan dan mengarahkan pengguna kepada konten sesuai preferensi mereka.

2. Memberikan Akses Bagi Pengguna Untuk Terhubung Dengan Server Lainnya

Selain memberikan wadah bagi pengguna, salah satu fungsi server yang lainnya adalah untuk menghubungkan pengguna untuk mengakses ke server yang lain. Seperti misalnya pada jenis server proxy yang menghubungkan pengguna untuk terhubung dengan Web server tujuannya.

3. Memberikan Akses Data Bagi Pengguna

Fungsi server secara umum yang lain adalah memberikan akses data bagi pengguna. Akses data sangat penting bagi profil dan privasi pengguna. Akses data berguna untuk menyimpan segala aktivitas pengguna selama aktif di komputer. Contoh fungsi server ini dapat Anda temukan pada jenis server seperti FTP server.

Jenis Server Berdasarkan Kebutuhannya

Nah, dari pengertian dan contoh kecil tersebut, Anda dapat mengetahui ada berbagai macam jenis server yang memang berpengaruh sesuai dengan kebutuhan pengguna dan kebutuhan penyedia server. Ada 7 jenis server berdasarkan kebutuhannya. Berikut adalah tujuh jenis server tersebut.

1. Web Server

Jenis server yang pertama adalah web server. Dari namanya saja, Anda pasti tahu jika server ini memang berguna untuk memberikan tempat dan wadah bagi pengguna dan pengunjung website. Web server adalah jenis server yang berperan mempublikasikan WWW (World Wide Web). Web server akan mengirim laman web dalam bentuk HTML atau CSS.

Tugas utama web server adalah mengirim berkas yang telah pengguna minta sebelumnya. Pengiriman jenis server tersebut terjadi melalui browser dengan beberapa ketentuan khusus. Namun saat ini, Web server adalah server yang mampu menghubungkan browser dengan berbagai macam perangkat keras seperti printer dan lainnya

2. Mail Server

Mail server adalah jenis server yang berfokus pada pengiriman surat dan persuratan digital. Jenis server ini akan melayani pengguna dan pengunjung dalam bertukar pesan dengan pengguna lainnya secara digital. Nah, perbedaannya dengan jenis server yang lain, Mail server memiliki dua jenis server yaitu server surat masuk dan keluar.

Untuk provider surat masuk, ada beberapa jenis seperti POP3 dan IMAP. POP3 adalah protokol pesan elektronik yang menyimpan pesan terkirim dan tersimpan pada komputer lokal. Kemudian IMAP adalah protokol yang selalu menyimpan salinan pesan terkirim ke dalam Mail Server itu sendiri.

Secara garis besar, Mail server adalah server yang berfungsi untuk mewadahi penukaran pesan dan surat menyurat digital untuk sesama penggunanya. Dan saat ini, Mail server telah tersambung dengan beberapa protokol untuk menyediakan kemampuan bagi pengguna untuk mengirim gambar dan video. Contohnya seperti server pada Whatsapp dan Instagram.

3. Database Server

Jenis server yang satu ini adalah jenis server yang cukup sederhana, yaitu server akan memberikan layanan berupa pengelolaan basis data pada server lainnya. Sehingga Database server adalah server yang dapat mengatur server lainnya. Database server menjadi server dengan cara kerja yang cukup sederhana dan terdiri dari empat macam yaitu:

  • Flat File Database
  • Relation Database
  • Object Database
  • Relational-Object Database

Konsep Database server adalah memberikan layanan big data yang teratur. Sehingga lebih mudah untuk melakukan pencarian. Layanan ini akan memberikan akses kepada pengguna dalam waktu yang bersamaan.

4. DHCP Server

DHCP server atau dikenal dengan Dinamic Host Configuration Protocol adalah jenis server yang menjalankan layanan penyewaaan IP Address dan juga domain.

Server ini juga memberikan layanan untuk TCP/IP pada klien. Server ini berfungsi memberikan dan membuat alamat IP secara otomatis pada komputer atau perangkat yang terhubung.

5. Proxy Server

Proxy server adalah jenis server yang berguna untuk menjadi pengantara web server dengan pengguna. Sehingga, setiap pengguna yang akan mengakses internet akan melewati proxy terlebih dahulu.

Proxy ini juga akan mendeteksi adanya gangguan atau akses internet yang mencurigakan. Apabila ada pengguna atau akses internet ke Web server yang mencurigakan, akan sepenuhnya diblokir oleh Proxy server.

Contoh dari Proxy server adalah layanan VPN dan juga DNS pada browser. 

6. FTP Server

FTP Server adalah server yang hanya memberikan akses data satu server melalui satu jaringan saja. Pada FTP Server, klien akan menggunakan kode ASCII yang tidak terenskripsi dalam proses transfer.

Sementara jenis lainnya yaitu yaitu STFP memberikan jaringan keamanan untuk melindungi data selama proses transfer dengan pengguna berlangsung.

7. Game Server

Contoh Game Server
Contoh Game Server (Sumber Gambar: DeviantArt)

Jenis server ini adalah jenis server yang cukup mudah bagi semua orang untuk mengerti. Game server akan mengelompokkan pengguna atau player dalam sebuah kelompok pada game untuk bertemu dengan player lainnya.

Pengelompokkan ini tergantung dari developer game tersebut. Bisa berdasarkan level, rank player, gaya bermain player, profil, hingga lokasi.

Saat ini ada dua jenis Game Server yang sering digunakan. Yang pertama berdasarkan lokasi pemain dimana pemain dengan area lokasi yang sama atau berdekatan akan ditempatkan di satu lokasi server.

Sementara, yang kedua berdasarkan level pemain dimana pemain dengan level yang sama akan dipertemukan sehingga permainan akan lebih seimbang. Server ini populer pada game online.

Cara Kerja Server

Lalu anda pasti bertanya bagaimana sebuah server bekerja. Sebuah server bekerja dengan cukup sederhana. Sebuah server akan bekerja atas kehendak dan permintaan dari klien.

Apabila Anda menggunakan komputer dan memilih suatu server pada server game misalnya, Anda otomatis akan terhubung pada server sesuai dengan lokasi komputer Anda jika Game server tersebut berbasis lokasi. Begitupula server lainnya.

Manfaat Server

Ada beberapa manfaat server yang berguna baik bagi pengguna maupun bagi komputer. Berikut adalah manfaat dari server berdasarkan jenis dan fungsi yang telah dijelaskan.

1. Dapat Mengatur Lalu Lintas Data, Sehingga Komputer Lebih Cepat

Sebuah server dapat mengatur lalu lintas data pada komputer dengan efektif. Anda tidak perlu lagi mengatur data anda secara manual. Semua data akan tersimpan dalam satu folder yang sama. Sehingga, sebuah server tidak akan membiarkan ada data diluar tempat penyimpanannya. Hal ini akan membuat komputer lebih cepat.

2. Mengatur Hak Akses Komputer Klien ke Semua Jaringan

Sebuah server akan mengatur hak akses komputer milik klien begitu klien masuk kedalam server. Server ini akan memberikan klien kewenangan untuk memilih ke jaringan mana saja server dapat terhubung. Sehingga seluruh jaringan akan lebih mudah tersinkronisasi.

3. Melindungi Komputer Klien Dengan Layanan Malware

Sebuah server dapat melindungi komputer klien dari serangan malware. Beberapa jenis seperti Proxy server akan memberikan beberapa opsi dan rekomendasi untuk melindungi komputer dari serangan malware, terutama pada situs-situs website yang kurang terenskripsi.

Penutup

Demikian penjelasan artikel ini terkait server. Seperti namanya dalam bahasa indonesia yaitu peladen, server memberikan layanan berupa pengiriman dan wadah bagi pengguna dalam mengoperasikan komputer dengan pengguna lainnya sesuai dengan kebutuhan mereka.

Server adalah salah satu jenis kumpulan perangkat yang efektif untuk menyambungkan pengguna yang satu dengan yang lain.

Audithink adalah aplikasi yang menyediakan jasa audit digital secara efektif dan fleksibel bagi semua pengguna.

Kami menyediakan berbagai macam fitur yang membantu proses audit semakin cepat dan efektif. Kunjungi website kami sekarang juga untuk penjadwalan demo atau informasi lebih lanjut.

Artikel Terkait Lainnya

data-center-adalah
Cloud Computing adalah
On-premise adalah