Dapatkan penawaran menarik sekarang →

PIC adalah: Definisi, Tugas, Gaji, Skill yang Dibutuhkan

PIC adalah

Tag

Share With Friend

Pernahkah Anda mendengar istilah PIC atau Person In Charge? Tentu, bagi Anda yang sudah terjun di dunia kerja, tidak lagi asing dengan istilah ini.

Person In Charge atau PIC adalah seseorang yang bertanggung jawab terhadap jalannya sebuah kegiatan atau event tertentu.

Bahkan, istilah ini cukup penting dalam dunia kerja karena mempunyai peranan yang krusial dalam sebuah tim untuk menjalankan kegiatan maupun event tertentu.

Maka dari itu, bagi Anda yang ingin masuk dalam dunia kerja, sebaiknya cari tahu apa itu Person In Charge supaya tidak salah pemahaman dan pengertian.

Kendati demikian, Anda tidak perlu khawatir karena pada artikel ini akan diberikan pembahasan secara lengkap mengenai apa itu PIC, tugas, gaji, dan skill yang dibutuhkan.

Yuk, simak pembahasannya di bawah ini sampai selesai, ya!

Pengertian PIC adalah

PIC adalah
Ilustrasi PIC (Freepik.com)

PIC adalah singkatan dari Person In Charge yang berarti seseorang yang bertanggung jawab untuk menjalankan sebuah kegiatan atau event tertentu dalam sebuah perusahaan.

Biasanya, seorang manajer atau kepala divisi akan menunjuk anggotanya untuk bertanggung jawab atas jalannya kegiatan tertentu yang memang dianggap mampu dan kompeten dalam bertugas.

Tugas yang dijalankan juga berbeda-beda, tergantung dengan kebutuhan tim dari sebuah instansi. Bahkan, ia juga akan diberikan tanggung jawab yang bersifat jangka pendek hingga panjang.

Dengan berbagai tugas yang dijalankan tersebut, seorang PIC harus membuat laporan selama proyek berlangsung dan diserahkan kepada manajer.

Kemudian, PIC juga harus berkoordinasi dengan manajer atau kepala divisi lain selama melaksanakan tugasnya.

Sebagai contoh, tim marketing sedang menjalankan tiga event dan masing-masing harus ditangani oleh satu orang, sehingga kepala divisi marketing akan menunjuk dua orang dari anggotanya untuk menjadi penanggung jawab.

Nah, nantinya Person In Charge sepenuhnya akan bertanggung jawab selama berjalannya event sampai selesai dan memberikan laporan.

Artinya, PIC adalah seseorang yang mempunyai diberikan amanah dan tanggung jawab untuk menjalankan proyek atau kegiatan tertentu dari perusahaan.

Tugas PIC

Seperti yang telah disebutkan di atas, jika tugas Person In Charge berbeda-beda karena tergantung dengan event yang dijalankan dan kebutuhannya apa saja.

Tugas ini harus benar-benar dijalankan dengan baik sesuai dengan rencana awal agar kegiatan dapat berlangsung lancar.

Setiap Person In Charge harus memberikan laporan progres kegiatan yang dijalankan kepada kepala divisi tim untuk memastikan bahwa semua sudah sesuai rencana.

Apabila terjadi kendala atau masalah, maka PIC harus bertanggung jawab untuk memberikan solusi dengan berkoordinasi bersama kepala divisi atau yang lainnya.

Selain itu, tugas PIC adalah sebagai berikut:

1. Memantau dan memastikan proyek supaya berjalan dengan lancar

2. Memberikan laporan kepada kepala divisi

3. Membuat sebuah perencanaan yang sesuai dengan proyek yang dijalankan

4. Memberikan solusi apabila terjadi masalah

5. Melakukan evaluasi terhadap keberlangsungan proyek

6. Melakukan analisis untuk menghitung dan menyelesaikan proyek

Gaji Person In Charge

Bagaimana? Apakah Anda sudah memahami mengenai apa itu PIC perusahaan? Pada intinya, Person In Charge adalah seseorang yang diberikan tanggung jawab untuk menjalankan sebuah kegiatan atau proyek tertentu.

Namun, bagaimana dengan gajinya? Sebenarnya, gaji Person In Charge tidak akan berubah sebelum terpilih menjadi penanggung jawab proyek.

Akan tetapi, apabila kinerja Anda bagus, maka kemungkinan besar akan mendapatkan benefit lain, seperti komisi, bonus, atau lain sebagainya.

Kendati demikian, di Indonesia ada beberapa perusahaan yang secara langsung membuka lowongan Person In Charge untuk menghandle proyek yang dijalankan.

Rata-rata gaji PIC adalah berkisar antara 3-4 jutaan atau tergantung UMR di daerah masing-masing dan tentunya berbeda-beda.

Skill yang Dibutuhkan Person In Charge

Mengingat tugas yang dijalankan seorang PIC cukup banyak dan berat, maka Anda harus mempunyai beberapa skill untuk menunjang tugas yang dilaksanakan.

Nah, beberapa skill PIC adalah sebagai berikut:

1. Komunikasi

Skill utama dari seorang PIC adalah komunikasi yang bagus karena harus menyampaikan berbagai informasi dengan jelas dan mudah dipahami kepada orang lain maupun kepala divisi.

Sebab, PIC harus menjalankan komunikasi secara terus menerus dengan rekan kerja atau pihak eksternal untuk mendukung berlangsungnya proyek yang dijalankan.

Dengan komunikasi yang baik, maka tugas dan tanggung jawabnya bisa dilakukan dengan baik dan maksimal.

2. Interpersonal

Selain komunikasi, seorang PIC juga harus memiliki hubungan yang baik ke semua orang yang ikut bekerja dalam proyek tersebut.

Maka dari itu, kemampuan interpersonal adalah salah satu skill yang harus dimiliki oleh PIC. Hal ini dikarenakan untuk memudahkan PIC melakukan interaksi dengan orang lain.

3. Problem solving

Setiap tugas yang dijalankan oleh profesi apapun, pasti akan ada masalah yang timbul. Tak terkecuali seorang PIC yang mana pasti akan menghadapi berbagai masalah selama proyek perusahaan berlangsung.

Oleh sebab itu, skill yang dibutuhkan PIC adalah problem solving yang tinggi supaya bisa menangani masalah dengan baik dan memberikan solusi yang tepat.

4. Pengambil keputusan

Perlu Anda ketahui, jika keberhasilan proyek harus diimbangi dengan pengambilan keputusan yang baik dan tepat.

Itulah kenapa seorang PIC harus memiliki skill atau kemampuan dalam menentukan dan mengambil keputusan dengan logis dan cermat supaya tidak merugikan orang lain maupun perusahaan.

Maka dari itu, seorang PIC harus bisa berpikir dengan jernih dalam kondisi apapun yang sedang terjadi pada saat kegiatan berlangsung.

5. Manajemen proyek

Selanjutnya, seorang PIC juga harus mempunyai skill atau kemampuan dalam mengelola maupun manajemen proyek dengan baik.

Mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, hingga pengendalian sumber daya. Hal ini bertujuan agar proyek bisa berjalan dengan lancar sesuai rencana awal.

6. Kepemimpinan

Skill utama yang juga perlu dimiliki oleh seorang PIC adalah kepemimpinan yang mana harus bisa memimpin dan menginspirasi anggota tim.

Selain itu, seorang pemimpin juga harus bisa mengambil keputusan yang tepat serta memberikan arahan yang jelas agar keberlangsungan proyek berjalan dengan lancar.

Kepemimpinan menjadi kemampuan yang wajib dimiliki karena seorang PIC akan menjadi pemimpin dan penanggung jawab terhadap berjalannya proyek perusahaan.

Demikianlah pembahasan lengkapnya mengenai apa itu PIC beserta dengan tugas, gaji, hingga skill yang dibutuhkan.

Pada intinya, PIC adalah seseorang yang ditunjuk oleh kepala divisi tim dan bertanggung jawab untuk mengontrol jalannya sebuah kegiatan atau proyek perusahaan agar sesuai dengan rencana awal.

Artinya, PIC bertugas untuk mengawasi dan mengontrol jalannya proyek serta memberikan laporan progres dalam waktu tertentu kepada kepala divisi.

Tidak hanya seorang PIC saja yang harus memberikan laporan kepada atasannya, melainkan perusahaan juga wajib menyampaikan laporan operasionalnya kepada beberapa stakeholder, salah satunya adalah investor.

Hal ini dikarenakan laporan perusahaan berfungsi untuk memberikan kepercayaan kepada pihak eksternal bahwa keuangan dan operasional perusahaan bagus serta berjalan sesuai dengan peraturan tertentu.

Maka dari itu, perlu dilakukan audit internal perusahaan yang bertujuan untuk mendapatkan informasi guna membuat laporan apakah sudah sesuai dengan ketentuan tertentu atau belum.

Kendati demikian, Anda tidak perlu melakukan audit internal sendiri karena sudah ada aplikasi audit dari Audithik. Aplikasi Audithink dapat membantu proses audit internal lebih cepat dan akurat.

Jika ingin menggunakan aplikasinya, maka segera hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan perusahaan Anda dengan gratis.