Dapatkan penawaran menarik sekarang →

Mengenal Aplikasi Audit Terbaik untuk Perusahaan & Instansi

Aplikasi Audit

Tag

Bagikan Artikel

Dalam sebuah audit, rangkaian proses selalu dilakukan oleh auditor. Saat ini, tidak perlu untuk mengerjakan semua proses dan tahapannya sendirian. Melainkan dengan aplikasi, semua proses menjadi lebih cepat dan mudah. 

Aplikasi audit adalah jenis software yang memiliki desain untuk merancang dan mengecek segala bentuk dan jenis dari audit. Perangkat lunak ini membantu auditor maupun perusahaan dalam mempercepat prosesnya, namun tetap membuat hasil yang kredibel.

Aplikasi ini memiliki banyak manfaat baik bagi auditor maupun laporan yang telah melalui proses inspeksi.

Dengan konsep  yang real-time dan juga terintegrasi dengan beberapa perangkat lainnya, membuat aplikasi ini dapat diakses oleh siapa saja.

Dalam artikel kali ini, kita akan menjelajahi dan mengenal lebih dekat dengan aplikasi audit. Mulai dari pengertian dan perkembangannya, cara kerja software ini, fitur-fitur yang tersedia, hingga manfaatnya. Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Aplikasi Audit

Mari kita mulai dengan pengertiannya secara dasar. Aplikasi audit merupakan sejenis perangkat lunak yang berguna untuk membantu auditor dalam melakukan tahapan pengecekan hingga pembuatan opini.

Perlu anda ingat bahwa untuk prosesnya tetap dilakukan oleh auditor, sementara aplikasi ini adalah perangkat yang membantu saja.

Singkatnya, aplikasi ini adalah perangkat lunak yang berbasis pada sistem digital. Sehingga beroperasi secara real-time dan bergantung pada jaringan internet.

Dengan berbasis online, software ini adalah jenis yang dapat diakses oleh siapa saja apabila inspektur membutuhkan bantuan seperti saran atau penilaian dari pihak luar.

Cara kerja aplikasi ini menyangkut pada pemantauan kinerja dan evaluasi secara otomatis pada beberapa aspek bisnis dan keuangan pada perusahaan. Kemudian ada beberapa otomatisasi pada bagian akuntansi yang berfungsi untuk penyederhanaan dan percepatan proses audit.

Perkembangan Aplikasi Audit

Adapun perkembangan teknologi pada bidang inspeksi dan pengecekan, terutama pada perkembangan aplikasinya memiliki sejarah yang relatif singkat bersamaan dengan kemajuan teknologi telah terjadi dengan cepat.

Teknologi informasi sebagian besar telah mulai maju di atas garis waktu sekitar dua puluh tahun terakhir. Dalam perkembangan teknologi audit modern, Opini pengecekan ditentukan dengan bukti yang jauh lebih konkrit.

Adanya aplikasi ini membuat metode pengujian bergantung lebih banyak pada perhitungan otomatis dan bergantung pada kemampuan robotik dan komputasi.

Adanya AI atau artificial intelligence menjadikan kemampuan aplikasi audit semakin maju dengan kemampuan untuk memprediksi dan memperkirakan hasil luaran audit atas sebuah laporan keuangan atau kinerja yang lebih halus dan akurat.

Fungsi Aplikasi Audit

Dalam pengoperasiannya, aplikasi audit memiliki beberapa peran yang penting dan krusial dalam proses audit bagi auditor. Berikut adalah peran aplikasi tersebut.

1. Pemantauan Kinerja Bisnis

Dengan berbasis pada pengecekan otomatis, aplikasi ini berperan memantau data kinerja untuk memastikan apakah sesuai dengan laporan yang dikirim perusahaan kepada auditor atau tidak. Peran ini membantu auditor untuk tidak melakukan cek ulang berkali-kali.

2. Identifikasi Risiko

Sebuah aplikasi audit berperan dalam melakukan identifikasi terhadap segala kemungkinan, peluang, dan risiko yang dapat terjadi pada laporan maupun hasil audit yang mempengaruhi masa depan dari perusahaan dalam  jangka waktu panjang.

3. Pematuhan Aturan

Aplikasi ini juga memberikan tuntunan untuk auditor dalam melaksanakan proses audit sesuai dengan tahapan dan aturan prosedur yang sesuai. Apabila ada tahapan yang terlewat, maka aplikasi ini dapat mengingatkan auditor untuk menambahkan atau kembali ke tahapan tersebut.

4. Pemantauan Keuangan

Aplikasi audit juga berperan melakukan pemantauan terhadap segala jenis keuangan yang masuk dan keluar pada laporan keuangan perusahaan. Dengan adanya perangkat ini, auditor tidak perlu memantau kondisi keuangan secara berkala.

Manfaat Aplikasi Audit

Dalam pengaplikasian perangkat audit, Anda akan menjumpai banyak manfaat. Manfaat-manfaat tersebut dapat Anda rasakan apabila Anda menggunakan aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan dan jenisnya.

1. Peningkatan Efisiensi

Salah satu manfaat aplikasi audit adalah meningkatkan efisiensi kinerja auditor dan membuat prosesnya semakin kredibel dan efektif. Adanya banyak fitur-fitur tersebut membuat proses audit semakin efisien dan tidak lagi melalui proses yang rumit dan memerlukan waktu yang lama.

2. Akurasi yang Tinggi

Dengan sistem komputasi dan robot yang canggih, aplikasi ini mampu memperkirakan sebuah prediksi atau perkiraan dengan tingkat akurasi yang tinggi. Sehingga dapat segera membantu perusahaan apabila telah menerima opini pengecekan dan membantu auditor saat membuatnya.

3. Visibilitas yang Transparan

Manfaat dari software audit lainnya adalah visibilitas yang transparan. Dengan konsep real-time dan bergantung pada IoT (Internet of Things), sehingga dapat diakses oleh siapapun yang berkepentingan, sehingga tidak auditor saja yang mampu mengetahui proses audit.

4. Hemat Biaya

Dalam penggunaannya, jenis perangkat ini umumnya hadir dengan versi gratis. Sehingga semua orang dapat mengunduh dan menggunakannya. Perangkat adalah jenis yang dapat mengurangi penggunaan kertas yang memakan biaya yang cukup tinggi apabila hasil laporan cukup panjang.

5. Peningkatan Keamanan

Software jenis ini menjamin keamanan yang tersistem dan telah teruji dengan baik. Sehingga data dan informasi tidak akan bocor dan tidak akan mudah untuk ditembus virus dan malware. Hasil laporan juga akan terbebas dari risiko manipulasi data dan lain sebagainya.

Contoh Aplikasi Audit dan Fiturnya

Contoh aplikasi audit
Contoh Aplikasi Audit (Sumber: PxHere)

Dari peran dan manfaat, sekarang Anda akan mengenal lebih dekat dengan contoh-contoh aplikasi audit yang mungkin bermanfaat bagi Anda dan perusahaan Anda. berikut adalah beberapa contoh perangkat untuk audit dan fitur-fiturnya.

1. Audithink

Audithink adalah software untuk pengecekan internal yang telah dipercaya oleh berbagai perusahaan dalam untuk membantu proses manajemen pengecekan dalam sistem internal perusahaan. Sesuai namanya, Audithink merupakan software khusus jenis pengecekan internal saja.

Fitur aplikasi dalam Audithink seperti perencanaan resiko, perencanaan, notisi dan laporan otomatis membantu auditor internal dalam melakukan proses dengan lebih efektif dan cepat tanpa perlu untuk mengoreksi laporan berkali-kali.

2. Diligent Audit

Jika anda mencari jenis perangkat yang khusus untuk jenis inspeksi laporan manajemen, maka salah satu contoh aplikasi ini cocok untuk kebutuhan Anda. Diligent Audit menyediakan banyak fitur aplikasi audit yang cocok untuk melakukan audit manajemen.

Selain itu contoh aplikasi ini memiliki kelebihan user-friendly dan juga memiliki teknologi IT yang lengkap.

Penutup

Demikian penjelasan artikel ini terkait aplikasi audit. Anda telah kami ajak menjelajahi mulai dari pengertiannya dalam dunia audit, kemudian perkembangan aplikasi audit seperti teknologi audit dari awal sistem komputasi hingga munculnya artificial intelligence.

Secara umum aplikasi ini adalah sebuah perangkat lunak yang didesain untuk menjadi asisten auditor secara digital dan membantu mereka dalam tahap proses sesuai tahapan. Ada beberapa kelebihan seperti konsep yang real-time dan juga hemat biaya. 

Dalam pelaksanaannya, telah menjadi tumpuan utama dalam melakukan inspeksi berskala besar maupun kecil secara digital. Aplikasi ini berperan dalam menjamin keamanan dan melakukan pemantauan pada setiap kinerja dan keuangan bisnis Anda.

Dalam melakukan pengecekan bisnis digital secara internal, Audithink merupakan aplikasi audit terpercaya dengan fitur lengkap dan canggih sehingga memudahkan auditor dalam melakukan berbagai jenis audit seperti audit manajemen ini.

Request demo untuk mendapatkan akses coba gratis fitur dari aplikasi.

Artikel Terkait Lainnya

Apa itu user experience
User interface adalah